...

Merancang Strategi Digital Marketing untuk Meningkatkan Traffic (Panduan Lengkap)

Merancang strategi digital marketing untuk meningkatkan traffic (panduan lengkap)

Tabel konten

Berada di era digital seperti saat ini, keberadaan strategi pemasaran digital adalah mutlak. Hal ini tidak hanya relevan bagi bisnis yang bergerak di bidang teknologi, tetapi untuk semua jenis bisnis. Faktanya, terlepas dari apa produk atau layanan yang ditawarkan perusahaan Anda, kemungkinan besar, target pasar Anda menghabiskan waktu mereka di internet. Dalam artikel ini, kita akan membahas bagaimana merancang strategi digital marketing yang efektif untuk meningkatkan traffic dan membuat bisnis anda mudah ditemukan di mesin pencari seprti Google. Intinya, semakin banyak orang yang mengunjungi situs web Anda, semakin besar peluang untuk mengubah mereka menjadi pelanggan. Saat Anda memahami bagaimana menambah lalu lintas ke situs web Anda dengan pendekatan yang tepat, Anda bisa mengubah halaman bisnis online Anda menjadi mesin penjual yang paling efektif. Ikuti langkah-langkah terbaru dibawah untuk meningkatkan traffic situs web anda, mendapatkan leads baru, dan memperbaiki ROI bisnis anda.

Membuat Konten, Inbound Marketing, dan Buyer Persona

Merancang strategi digital marketing yang baik berawal dari pemahaman yang mendalam tentang siapa sebenarnya target pasar atau pembeli Anda. Untuk itu, berikut adalah langkah-langkah yang dapat Anda lakukan:

Identifikasi Buyer Persona Anda

Yang pertama dan terpenting dalam merancang strategi digital marketing adalah mengidentifikasi siapa sebenarnya pembeli atau target pasar Anda. Buyer persona adalah representasi semi-fiksi dari pelanggan ideal Anda berdasarkan penelitian dan data yang ada. Ini akan membantu Anda memahami pelanggan dan kebutuhan mereka sebaik mungkin, membantu Anda menyesuaikan produk, layanan, dan pemasaran Anda untuk menarik jenis pelanggan ini.

Lakukan Riset SEO

Setelah menentukan buyer persona, langkah berikutnya adalah melakukan riset SEO (Search Engine Optimization). Ini melibatkan pemahaman tentang kata kunci atau frasa yang sering dicari target pasar Anda saat mereka mencari produk atau layanan yang serupa dengan yang ditawarkan oleh perusahaan Anda. Alat seperti Google Keyword Planner atau Moz bisa sangat membantu dalam tahap ini.

Baca juga: Optimasi SEO On Page dan Off Page: Pedoman Lengkap

Buat Draft Konten

Dengan buyer persona dan kata kunci yang berhasil Anda identifikasi, saatnya untuk membuat draft konten. Konten ini harus dibuat sesuai dengan kebutuhan dan minat target pasar Anda. Selain itu, konten ini juga harus mengandung kata kunci yang telah Anda identifikasi untuk meningkatkan peringkat SEO Anda.

Publikasi

Saat draft konten Anda siap, langkah selanjutnya adalah mempublikasikannya. Anda bisa melakukannya melalui berbagai kanal, seperti blog perusahaan, media sosial, email marketing, dll. Ingatlah untuk selalu memastikan bahwa konten Anda mudah diakses oleh target pasar Anda.

Baca juga: Email List Building: Pengertian dan 13 Strategi Praktis untuk Memulai Dengan Cepat dan Mudah

Promosi

Setelah konten Anda dipublikasikan, jangan mengabaikan promosi. Bagikan konten Anda di semua platform media sosial, kirim melalui email ke daftar pelanggan Anda, gunakan dalam iklan PPC, dan sebagainya. Tujuannya adalah untuk memastikan bahwa konten Anda bisa ditemukan oleh sebanyak mungkin orang.

Penting untuk diingat bahwa semua langkah ini tidak berdiri sendiri – mereka merupakan komponen dari strategi inbound marketing yang efektif. Dengan membuat konten yang menarik yang memenuhi kebutuhan dan minat target pasar Anda, Anda menarik pelanggan potensial, yang kemudian bisa Anda ubah menjadi pelanggan setia.

Jika Anda merasa membutuhkan bantuan dalam merancang atau menerapkan strategi ini, tim di Okava+ siap membantu. Kami memiliki keahlian dan pengalaman dalam merancang strategi digital marketing yang efektif dan dapat membantu perusahaan Anda mencapai tujuan pemasarannya.

Baca juga: Cara Aplikasi Digital Marketing yang Efektif untuk Toko Online

Penguasaan Topik melalui Konten Pilar dan Cluster

Dalam strategi content marketing, penting untuk tidak hanya menulis tentang berbagai tema yang mungkin menarik bagi target pasar Anda, tetapi juga untuk mendemonstrasikan kepakaran Anda dalam topik-topik tersebut. Salah satu cara untuk melakukannya adalah melalui pendekatan konten pilar dan cluster.

Konten Pilar

Konten Pilar, atau Pillar Page, adalah halaman web yang mencakup topik luas secara menyeluruh dan akan dihubungkan ke dan dari postingan blog yang lebih spesifik namun berhubungan (konten cluster). Ini bukan hanya membantu SEO website Anda, tetapi juga membujuk pengunjung situs untuk menghabiskan lebih banyak waktu di situsweb Anda menggali informasi yang relevan dan bermanfaat.

Misalkan Anda memiliki website yang berhubungan dengan kesehatan dan fitness. Anda mungkin memutuskan untuk membuat pillar page tentang diet seimbang. Halaman ini dapat mencakup informasi tentang apa itu diet seimbang, manfaatnya, komponen-komponennya, dan sebagainya.

Konten Cluster

Konten cluster atau Cluster Content adalah konten yang berkaitan dengan konten pilar, tetapi fokus pada sub-topik atau aspek yang lebih spesifik. Misalnya, jika pillar page Anda adalah tentang diet seimbang, maka beberapa contoh konten cluster mungkin berisi tentang “makanan terbaik untuk diet seimbang”, “cara merencanakan menu diet seimbang”, dan “studi kasus tentang manfaat diet seimbang”.

Manfaat dari Pendekatan Konten Pilar dan Cluster

Salah satu manfaat utama dari pendekatan ini adalah memungkinkan Anda untuk menargetkan kata kunci longtail. Kata kunci longtail adalah frasa pencarian yang lebih spesifik dan biasanya lebih panjang dari kata kunci umum atau kata kunci “head”. Meskipun kata kunci ini mungkin memiliki volume pencarian yang lebih rendah, mereka juga cenderung memiliki tingkat konversi yang lebih tinggi karena sifat spesifik mereka.

Memiliki konten yang ditulis dengan baik dan informatif, yang mencakup beragam topik dalam industri Anda, akan membantu meningkatkan reputasi Anda sebagai ahli di bidang Anda. Akhirnya, ini akan meningkatkan kepercayaan pengunjung situs, yang dapat mengarah ke peningkatan lalu lintas dan konversi.

Baca juga: Mengenal Content Marketing Dan Manfaatnya Untuk Bisnis dan Brand Anda

Media Sosial sebagai Alat Pemasaran

Media sosial adalah bagian integral dari strategi digital marketing yang efektif. Memanfaatkan platform ini bukan hanya tentang memposting konten secara reguler, tetapi juga tentang menghargai dan memahami audiens Anda, serta berinteraksi dengan mereka secara efektif.

Manfaatkan IG Stories, Live Video, IGTV, dan Facebook Messenger

Selain memposting di platform media sosial, juga ada berbagai fitur lain yang bisa Anda manfaatkan. Fitur seperti Instagram Stories memungkinkan Anda untuk berbagi konten yang lebih spontan dan real-time dengan audiens Anda. Fitur geser ke atas! (swipe up) memberi peluang untuk langsung mengarahkan pengunjung ke situs web Anda.

Live video, baik di Instagram atau platform lainnya, bisa menjadi cara efektif untuk terhubung secara langsung dengan audiens Anda. Begitu juga dengan IGTV, yang membuka peluang untuk membuat konten video yang lebih panjang dan mendalam. Facebook Messenger, di sisi lain, bisa menjadi alat yang efektif untuk menyediakan layanan pelanggan yang responsif dan personal.

Jangan Spam Audiens Anda

Di media sosial, kualitas konten pasti lebih penting daripada kuantitas. Itu tidak membutuhkan usaha bagi pengguna untuk menggulir lewat postingan Anda, dan jika Anda tidak memberi mereka nilai tambah, itulah yang akan mereka lakukan. Oleh karena itu, penting untuk benar-benar mengenal audiens Anda dan merancang konten yang benar-benar ditujukan untuk mereka.

Aktif dalam Mengelola Komunitas

Berinteraksi dengan audiens Anda bukan hanya tentang memposting konten dan kemudian meninggalkannya. Manajemen komunitas yang aktif sangat penting untuk membangun hubungan dengan audiens Anda. Ini bisa melibatkan berbagai aktivitas, mulai dari membalas komentar dan pesan secara cepat, hingga terlibat dalam diskusi pada grup media sosial. Dengan begitu, Anda bukan hanya menjangkau audiens Anda tetapi juga mendengarkan dan memahami kebutuhan mereka.

Ingatlah, media sosial adalah tentang berdialog, bukan monolog. Jadi, pertahankan diskusi dan teruslah mendengar.

Baca juga: Social Media Marketing: Pengertian dan Strateginya

Analisis Situs Web: Memahami Audiens dan Dinamika Pengunjung

Menciptakan strategi pemasaran digital yang efektif membutuhkan pengertian yang mendalam tentang siapa sebenarnya audiens Anda. Selain membuat konten yang menarik, bertujuan untuk menarik orang ke situs web Anda, juga penting untuk memahami bagaimana pengunjung berinteraksi dengan situs web tersebut.

Mengenal Lebih Dalam Audiens Anda

Sebelum melakukan upaya peningkatan traffic ke situs web Anda, perlu dipahami bahwa sangat penting untuk mengenal audiens Anda. Pahami apa yang mereka cari, jenis konten apa yang mereka nikmati, dan bagaimana mereka melibatkan diri dalam konten Anda.

Manfaatkan Platform Analisis

Untuk membantu dalam memahami dinamika pengunjung situs web Anda, Anda dapat memanfaatkan platform analisis seperti Crazy Egg. Alat ini membantu Anda menelusuri bagaimana pengguna berinteraksi dengan situs web Anda, menyediakan data visual tentang di mana mereka mengklik, berapa lama mereka tetap di halaman tertentu, dan banyak lagi informasi yang berguna.

Analisis Memberikan Wawasan

Analisis bagi situs web Anda tidak hanya membantu dalam memahami bagaimana pengunjung berinteraksi dengan situs web, tetapi juga memberikan wawasan tentang di mana Anda mendapatkan atau kehilangan pengunjung. Mengidentifikasi halaman dengan tingkat bounce (pengunjung yang keluar setelah membuka satu halaman saja) yang tinggi atau waktu kunjungan yang rendah dapat membantu Anda mengoptimalkan strategi konten serta desain web Anda.

Baca juga: Prinsip Dasar Desain UI yang Perlu Anda Ketahui

Menggunakan Informasi yang Didapatkan

Informasi yang Anda dapatkan dari analisis situs web sangat berharga dan dapat digunakan untuk membuat konten yang ditargetkan. Misalnya, Anda mungkin menemukan bahwa pengunjung Anda tertarik pada topik atau jenis konten tertentu. Dengan informasi ini, Anda bisa membuat lebih banyak konten serupa untuk menarik lebih banyak pengunjung.

Konten yang Tepat Untuk Traffic yang Tepat

Kuncinya di sini adalah konten yang tepat. Dengan memahami apa yang dicari audiens Anda, Anda dapat membuat konten yang sesuai dengan kebutuhan dan minat mereka. Konten yang tepat tidak hanya menarik lebih banyak kunjungan ke situs web Anda, tetapi kunjungan tersebut akan menjadi lebih berharga karena pengunjung memiliki potensi lebih besar untuk berubah menjadi pelanggan.

Memanfaatkan Pengaruh Influencer

Keberhasilan Melalui Kata-kata Positif

Dalam dunia bisnis, kata-kata positif seringkali menjadi faktor kunci yang mempengaruhi keputusan pembelian pelanggan. Dari mulut ke mulut, reputasi baik suatu merek bisa menyebar dan meningkatkan rating popularitasnya.

Menggaet Influencer

Untuk menghasilkan kata-kata positif tersebut, bisnis harus berusaha untuk tidak hanya menyenangkan pelanggan mereka, tetapi juga melibatkan diri dengan influencer. Influencer memiliki jangkauan yang luas dan biasanya memiliki hubungan yang kuat dengan audiens mereka, sehingga mereka bisa membantu bisnis untuk mencapai dan menarik perhatian lebih banyak audiens.

Cost-Effective dan Mengarahkan Traffic

Pemasaran melalui influencer atau influencer marketing adalah strategi yang cost-effective dan dapat membantu mengarahkan traffic ke situs web merek Anda. Dengan menggunakan influencer untuk memposting kode diskon, tautan, ulasan, atau giveaway, bisnis dapat mencapai dan menarik audiens yang lebih luas.

Tren yang Berkelanjutan

Influencer marketing bukan hanya tren sementara, tapi strategi pemasaran yang signifikan dan berkelanjutan. Dengan pendekatan yang tepat, bermitra dengan influencer bisa menjadi senjata rahasia dalam meningkatkan traffic situs web Anda.

Membangun Email List untuk Mengarahkan Traffic

Membangun Email List untuk Mengarahkan Traffic

Memanfaatkan Follower Saat Ini

Anda bisa memanfaatkan follower yang ada untuk mengarahkan traffic ke blog atau situs web Anda. Coba promosikan posting blog atau konten baru kepada follower/subscriber yang ada untuk mendapatkan tambahan traffic. Berupayalah untuk mendapatkan pembaca ulangan untuk meningkatkan traffic, menghasilkan calon pelanggan, dan konversi. Ini adalah salah satu jenis strategi dalam marketing media digital yang penting dan efektif.

Fokus pada Pembangunan Email List

Fokus utama Anda harus pada pembangunan daftar email atau peningkatan daftar yang sudah ada. Menggunakan sistem manajemen hubungan pelanggan yang baik dapat mempermudah proses ini. Dengan daftar email yang berkualitas, Anda dapat mempromosikan brand Anda secara efektif dan mengarahkan lalu lintas yang signifikan ke situs web Anda.

Manfaatkan Penawaran Konten dan CTA

Penawaran konten bisa digunakan sebagai strategi, di mana pengunjung perlu berbagi alamat email mereka untuk mengakses konten. Anda bisa memasukkan Call-To-Action (CTA) untuk penawaran konten di situs web. Tawarkan formulir pendaftaran newsletter yang mudah diakses di berbagai bagian situs web, dari halaman utama hingga halaman tentang.

Manfaatkan Media Sosial

Jangan lupakan penggunaan platform media sosial dalam menyusun strategi social media marketing Anda. Anda bisa mempromosikan newsletter email melalui posting di media sosial seperti facebook atau di twitter,  kontes, atau giveaway untuk mengubah pengikut menjadi subscriber. Selain ads, ini bisa menjadi cara yang efektif untuk membangun daftar email Anda dan mengarahkan lebih banyak lalu lintas ke situs web Anda.

On-Page SEO: Mengarahkan Traffic ke Situs Anda

Menerapkan strategi digital marketing yang efektif adalah elemen penting untuk kesuksesan bisnis di era saat ini. Salah satu aspek penting dari strategi ini adalah On-page SEO, yang dapat meningkatkan peringkat situs web Anda di hasil mesin pencari dan pada gilirannya membawa lebih banyak lalu lintas ke situs web Anda. Beberapa elemen kunci dari On-Page SEO meliputi judul halaman, header, dan deskripsi meta. Elemen lain yang penting adalah teks alternatif gambar dan URL. Dengan visibilitas mesin pencari yang lebih tinggi, berkat On-page SEO, situs web Anda dapat menghasilkan lebih banyak traffic. Semua ini memainkan peran penting dalam keberhasilan strategi digital marketing Anda dan dalam keseluruhan kesuksesan bisnis digital Anda.

Backlink Berkualitas: Membangun Otoritas dan Meningkatkan Traffic

Peranan Peringkat Mesin Pencari dan Otoritas Industri

Peringkat tinggi di mesin pencari adalah kunci penting dalam mengarahkan lalu lintas ke situs web Anda. Menjadi otoritatif dalam industri Anda dapat membantu meningkatkan peringkat Anda di mesin pencari. Membangun otoritas tidak hanya membantu meningkatkan visibilitas dan reputasi brand Anda, tetapi juga menjadi sinyal penting untuk algoritma mesin pencari seperti Google.

Mengakuisisi Backlink Berkualitas

Salah satu strategi untuk membangun otoritas dan kredibilitas adalah dengan mendapatkan backlink berkualitas. Backlink berkualitas tinggi dapat meningkatkan peringkat Anda dan mengarahkan lalu lintas referensi ke situs web Anda. Backlink merupakan faktor peringkat yang penting untuk semua mesin pencari utama.

Manfaat Backlink dalam Mengarahkan Traffic

Mendapatkan backlink dari situs web yang relevan dapat meningkatkan peringkat Anda di Halaman Hasil Mesin Pencari (SERP), yang mengarah ke peningkatan lalu lintas organik. Backlink juga bisa menghasilkan jumlah lalu lintas referensi yang signifikan, terutama ketika situs web yang menyebutkan situs Anda populer atau berperingkat baik untuk kata kunci dengan volume pencarian tinggi.

Internal Linking: Meningkatkan Interaksi Pengunjung dan Konversi

Peran Penting dari Internal Linking

Link internal sangat penting untuk mendorong pengunjung untuk menjelajahi lebih banyak halaman di situs web Anda. Penggunaan yang tepat dari internal linking dapat meningkatkan peluang pengunjung untuk berubah menjadi penggemar brand Anda. Dengan menciptakan jaringan tautan yang logis dan intuitif, Anda dapat memandu pengunjung melalui situs web Anda dan membantu mereka menemukan konten yang relevan dan menarik.

Model Pillar/Cluster

Salah satu metode internal linking yang efektif adalah model pillar/cluster, seperti yang telah dibahas sebelumnya. Halaman pilar dan cluster saling terhubung, efektif meningkatkan kredibilitas situs. Struktur pillar/cluster ini membantu meningkatkan peringkat mesin pencari dan pada gilirannya, mengarahkan lebih banyak lalu lintas ke situs web Anda.

Meningkatkan Konversi melalui Internal Linking

Peningkatan internal linking yang strategis juga meningkatkan kemungkinan pengunjung berubah menjadi pelanggan. Dengan memudahkan pengunjung menemukan apa yang mereka cari dan menunjukkan kepada mereka lebih banyak hal yang mungkin mereka sukai, Anda bisa membangun hubungan yang lebih baik dengan mereka dan akhirnya mendapatkan lebih banyak konversi.

Penawaran Konten: Mengarahkan Traffic dan Menghasilkan Prospek

Penawaran konten, juga dikenal sebagai lead magnet, adalah cara efektif untuk mengarahkan lalu lintas dan menghasilkan prospek. Ini adalah suatu bentuk konten bernilai tinggi yang ditawarkan kepada pengunjung situs web dalam pertukaran dengan informasi kontak mereka, seperti alamat email.

Baca juga: Inilah 15 Cara Mudah Membuat Lead Magnet dan Pengertiannya

Penawaran konten dapat bervariasi tergantung pada tahap perjalanan pelanggan. Misalnya, untuk pengunjung situs web yang baru pertama kali mengunjungi, Anda mungkin ingin menawarkan konten yang membangun kesadaran dan minat, seperti panduan edukatif atau webinar. Untuk prospek yang lebih lanjut dalam corong penjualan, Anda mungkin menawarkan uji coba, demo, atau laporan rinci yang membantu mereka dalam proses pengambilan keputusan mereka.

Berbagai jenis penawaran konten bisa meliputi webinar, panduan, laporan, uji coba, demo, dan checklist. Pemilihan tipe penawaran konten ini sebaiknya disesuaikan dengan tujuan Anda, target pasar, dan tahap perjalanan pelanggan yang relevan. Dengan cara ini, Anda bisa memberikan nilai yang maksimal bagi pengunjung situs web Anda sambil sekaligus mengarahkan lebih banyak lalu lintas dan menghasilkan lebih banyak prospek.

Affiliate Marketing: Strategi Untuk Meningkatkan Traffic dan Penjualan

Pengenalan Affiliate Marketing

Dalam dunia digital, salah satu jenis strategi digital marketing yang sering diabaikan tetapi potensial adalah affiliate marketing. Ini adalah taktik di mana perusahaan membayar pihak ketiga (atau “afiliasi”) untuk mempromosikan produk atau layanan mereka dan mengarahkan lalu lintas ke situs mereka. Tujuan pemasaran utamanya biasanya adalah peningkatan penjualan, meskipun ini juga bisa sangat efektif untuk meningkatkan kesadaran merek.

Penerapan Strategi

Penerapan strategi affiliate marketing tidak hanya dapat meningkatkan lalu lintas situs web Anda, tetapi juga dapat meningkatkan konversi karena afiliasi biasanya menargetkan audiens yang sudah berminat pada produk atau layanan Anda. Selain itu, karena biasanya Anda hanya perlu membayar afiliasi jika mereka berhasil mengarahkan penjualan atau prospek, ini dapat menjadi cara yang cost-effective untuk meningkatkan bisnis Anda.

Menggunakan Affiliate Marketing Untuk Mencapai Tujuan Pemasaran

Secara keseluruhan, affiliate marketing adalah strategi pemasaran digital yang ampuh dan memiliki potensi besar untuk membantu Anda mencapai tujuan pemasaran Anda. Dengan memilih afiliasi yang tepat dan menawarkan komisi yang menarik, Anda dapat membangun jaringan promosi yang efektif yang beroperasi hampir sepenuhnya dengan modal sendiri dan membantu Anda menghubungkan bisnis Anda dengan lebih banyak konsumen.

Baca juga: Panduan Lengkap Membangun Affiliate Marketing Program yang Sukses

Paid Ads: Strategi Cepat untuk Menambah Traffic

Iklan Berbayar Sebagai Solusi Efisien

Dalam dunia digital, iklan berbayar merupakan cara yang efisien untuk mengarahkan traffic ke situs web Anda dengan cepat. Digital marketing bagi bisnis sering memerlukan kombinasi antara strategi organik dan berbayar untuk hasil terbaik. Salah satu bentuk iklan berbayar yang populer adalah pay-per-click yang bisa digunakan di mesin pencari, atau dikenal juga sebagai search engine marketing.

Mengoptimalkan Pay-Per-Click dan Retargeting Iklan

Pay-per-click dan retargeting ads adalah dua tipe iklan berbayar yang efektif untuk menjangkau pasar Anda. Iklan-iklan ini muncul ketika audiens Anda menggunakan mesin pencari untuk mencari keyword yang relevan dengan produk atau layanan Anda, sehingga memungkinkan Anda meraih audiens yang telah menunjukkan minat.

Baca juga: Panduan Lengkap Strategi Iklan Berbayar atau Paid Ads

Manfaatkan Media Sosial

Platform digital seperti media sosial juga memungkinkan Anda untuk menggunakan iklan display dan posting berbayar untuk menarik traffic. Media sosial memiliki jangkauan yang luas dan membantu Anda menjangkau audiens yang lebih spesifik berdasarkan demografi, minat, perilaku, dan lainnya.

Menggabungkan Berbagai Metode Iklan

Sebuah campaign biasanya melibatkan kombinasi dari berbagai jenis iklan, termasuk media sosial, display, dan iklan mesin pencari. Menerapkan strategi beragam ini akan memungkinkan Anda untuk meningkatkan penjualan dan meraih lebih banyak audiens. Menurut Survei CMO 2020, bisnis berharap akan ada peningkatan pengeluaran di media sosial sebesar 62% dalam lima tahun ke depan. Ini menegaskan bahwa pemasaran yang dilakukan melalui media telah menjadi elemen kunci dalam strategi pemasaran digital.

Kontes dan Giveaway: Meningkatkan Traffic dan Membangun Hubungan dengan Follower

13. Kontes dan Giveaway: Meningkatkan Traffic dan Membangun Hubungan dengan Follower

Menggunakan Kontes dan Giveaway sebagai Metode Pemasaran

Menggunakan kontes dan giveaway adalah metode pemasaran yang efektif karena mampu menjangkau banyak orang dan membangun hubungan yang kuat dengan pengikut Anda. Kontes dan giveaway dapat meningkatkan lalu lintas situs web, mendorong interaksi, dan memberi sesuatu yang berharga bagi pengikut Anda. Dalam berbagai lini bisnis, strategi ini bisa menjadi ciri khas dari kegiatan pemasaran.

Mempersiapkan Kontes atau Giveaway

Langkah untuk menjalankan kontes atau giveaway mencakup: menentukan platform, memilih hadiah, menentukan kriteria, menulis iklan, membuat grafis, dan memposting serta mempromosikan kontes atau giveaway. Platform untuk mengadakan giveaway dapat beragam, bisa melalui saluran media sosial atau daftar email Anda. Ini akan banyak bergantung pada tujuan dari bisnis dan di mana audiens target Anda lebih banyak menghabiskan waktu mereka.

Menentukan Detil Kontes atau Giveaway

Hadiah bisa berupa tiket gratis, diskon, atau penawaran yang menarik lainnya. Kriteria dapat bervariasi, mulai dari komentar di situs web hingga pendaftaran email. Tujuan ini harus disesuaikan dengan apa yang ingin diraih pemilik bisnis dari kontes atau giveaway ini. Misalnya, jika tujuan Anda adalah untuk mendorong lebih banyak pengunjung untuk membeli produk atau jasa, kriteria Anda mungkin melibatkan pembelian.

Mempromosikan Kontes atau Giveaway

Tulis iklan yang menarik untuk menarik partisipan. Desain grafik yang menarik dapat menambah daya tarik kontes atau giveaway Anda. Saat semuanya siap, Anda dapat memposting dan secara aktif mempromosikan kontes atau giveaway di platform yang Anda pilih. Promosi ini sangat penting untuk memastikan bahwa kontes atau giveaway berjalan dengan efektif dan mencapai tujuan yang diinginkan, seperti mempromosikan dan menjual produk, membangun kesadaran merek, atau mengarahkan lalu lintas ke situs web Anda.

Baca juga: Panduan Mudah Membuat Giveaway yang Meningkatkan Traffic Secara Drastis

Guest Posting: Keterlibatan dalam Komunitas

Tentang Guest Posting

Guest posting merupakan strategi pemasaran yang efektif, di mana Anda menulis dan menerbitkan artikel di situs web pihak ketiga. Ini bisa menghasilkan lalu lintas ke situs web Anda dan menunjukkan keterlibatan aktif Anda dalam komunitas Anda. Bagi UMKM, ini bisa menjadi peluang baik untuk menjangkau pasar yang lebih luas dan mempertimbangkan pembelian produk Anda.

Backlink dan Referral 

Membuat posting tamu melibatkan backlink ke situs web Anda yang bisa membantu mengarahkan lebih banyak lalu lintas. Backlink tersebut, ketika diklik, membawa pengunjung langsung ke situs web Anda, memungkinkan bisnis seperti UMKM untuk menjangkau pelanggan secara langsung. Selain mendapatkan lalu lintas referral, tautan tersebut juga menguntungkan dari segi SEO, membantu Anda menargetkan kata kunci dan melakukan optimalisasi.

Menyiapkan Strategi Guest Posting

Untuk menerapkan strategi guest posting, Anda harus menemukan situs yang cocok, merancang sebuah posting blog dan mempersiapkan pitch yang meyakinkan. Pitch harus berisi detail tentang bagaimana konten yang Anda sarankan bisa menarik pembaca, identifikasi celah dalam konten yang ada, dan bagaimana konten yang diusulkan bisa mengisi celah tersebut.

Pedoman Pitch Guest Post yang Berhasil

Caroline Forsey, seorang senior content strategist, menekankan pentingnya penelitian dalam menciptakan pitch guest post yang sukses. Pitch yang baik harus menunjukkan bagaimana konten tersebut bisa menarik pembaca, serta mengidentifikasi celah dalam konten yang ada dan bagaimana konten yang diusulkan bisa mengisi celah tersebut.

Misalnya, HubSpot menggunakan pedoman ini dalam menilai postingan tamu untuk Marketing Blog-nya. Cara ini terbukti mampu memberi dampak yang cukup besar dalam model pemasaran internet mereka. Meski mungkin menuntut investasi waktu dan kadang-kadang bahkan membayar biaya, hasilnya bisa sangat berharga dalam bentuk exposure yang lebih besar, peningkatan lalu lintas situs web, dan lebih banyak klik pada setiap halaman.

Konten Thought Leadership: Menentukan Strategi Digital Marketing Melalui Konten

Tentang Thought Leadership

Salah satu strategi digital marketing yang efektif, dan perlu ditentukan dalam mencapai tujuan tersebut, adalah melalui penggunaan “thought leadership content”. Sebuah studi penelitian yang dilakukan oleh Edelman dan LinkedIn pada tahun 2020 menunjukkan bahwa lebih dari setengah pengambil keputusan yang disurvei menghabiskan setidaknya satu jam per minggu untuk membaca konten thought leadership. Fakta ini menunjukkan betapa pentingnya menentukan strategi konten ini dalam mencapai tujuan bisnis melalui peningkatan kunjungan ke website atau blog.

Baca juga: Jasa Digital Marketing: Poin Penting yang Harus Anda Ketahui Dalam Memilihnya

Langkah Efektif Mencapai Pertumbuhan Bisnis

Konten thought leadership dapat berasal dari individu dari berbagai industri dan latar belakang, bukan hanya dari spesialisasi khusus bisnis Anda, dan dapat menawarkan informasi berharga bagi pembaca. Artinya, dalam mencapai pertumbuhan bisnis, tidak harus terpaku pada ide yang bersumber dari bidang spesialisasi bisnis Anda. Dengan membuka diri pada beragam pemikiran dan gagasan, dan menyampaikannya melalui konten, Anda dapat meraih audiens yang lebih luas dan beragam, dan meningkatkan traffic ke website atau blog.

Pemilihan Thought Leader

Dalam menentukan strategi ini, pemilihan sosok thought leader adalah hal yang krusial. Anda perlu mempertimbangkan sosok yang mampu bercerita dengan baik, tanpa peduli apakah mereka terkenal atau tidak. Karakter pemimpin yang baik dalam bercerita cenderung mampu menarik minat audiens lebih dalam dan efektif, memberikan dampak positif dalam promosi bisnis Anda melalui peningkatan traffic ke website.

Disarankan juga untuk memantau para ahli baru, serta individu di industri yang kurang digital, seperti pertanian, makanan dan minuman, dan kemanusiaan. Menghadirkan mereka dalam konten kepemimpinan pemikiran di website atau blog Anda dapat memberikan wawasan baru kepada audiens dan mendorong pertumbuhan bisnis melalui peningkatan traffic.

Strategi promosi bisnis melalui konten kepemimpinan pemikiran ini, walaupun membutuhkan upaya lebih, potensial untuk mewujudkan tujuan mengembangkan bisnis Anda melalui peningkatan kunjungan ke website atau blog yang signifikan. Mari mulai sekarang juga untuk menciptakan konten yang berdampak dan berpengaruh guna mendominasi persaingan di era digital ini.

Rancang Strategi Digital Marketing Anda Sekarang

Sebagai penutup, penting untuk diingat bahwa merancang strategi digital marketing yang efektif bukanlah tugas yang mudah dan bisa memerlukan trial serta error. Seperti yang sudah kita bahas dalam artikel ini, ada banyak elemen yang perlu dipertimbangkan dalam meningkatkan traffic situs web Anda. Jangan ragu untuk mencoba pendekatan baru dan tetap fokus pada apa yang paling efektif untuk bisnis Anda. Di Okava+ kami siap membantu Anda mengerti dan memaksimalkan strategi digital marketing Anda. Jangan ragu untuk menghubungi tim kami untuk mendapatkan konsultasi gratis mengenai strategi digital marketing yang telah kita bahas dalam artikel ini. Kami siap untuk membantu Anda menemukan dan menerapkan strategi terbaik yang akan memaksimalkan traffic website Anda.

Facebook
Twitter
LinkedIn
Pinterest